10 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Anda Kunjungi - Madiun merupakan salah satu Kota di Jawa Timur yang terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu Brem. Kabupatennya berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, Kabupaten Nganjuk di sisi timur, Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan serta Kabupaten Magetan dan Ngawi di sebelah barat.

Kota yang juga dikenal dengan julukan Kota Gadis (Kota Perdagangan, Pendidikan dan Industri) ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Nah, apa saja tempat wisata di Madiun yang wajib Anda kunjungi? Berikut rangkumannya.

1. Monumen Kresek
Monumen Kresek
Monumen Kresek
Monumen yang didirikan untuk mengenang tragedi berdarah tahun 1948 ini menjadi salah satu tujuan wisata sejarah di Madiun. Monumen Kresek berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Jika dari Kota Madiun berjarak sekitar 8 km ke arah timur.

Tragedi Madiun ini sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia yang memakan banyak korban di Desa Kresek. Korban tersebut mulai dari anggota TNI, Pamong desa hingga dengan warga biasa.

2. Makam dan Masjid Kuno Taman
Makam dan Masjid Kuno Taman
Makam dan Masjid Kuno Taman
Makam dan Masjid Kuno Taman merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Madiun. Makam dan Masjid Kuno Taman berlokasi di Kelurahan Taman, Madiun. Masjid yang dibangun tahun 1754 oleh Kiai Ageng Misbach ini termasuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981. Disini, Anda akan menjumpai makam para mantan bupati Madiun yang berada di samping Masjid.

3. Situs Bersejarah Nglambangan
Situs Bersejarah Nglambangan
Situs Bersejarah Nglambangan
Situs Nglambangan berlokasi di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Berjarak sekitar 8 km ke arah timur bila dari pusat Kota Madiun. Di tempat ini, Anda bisa menjumpai sejumlah peninggalan bersejarah yang dipercaya sudah ada sejak zaman Majapahit seperti Pura Lambangsari, Watu Dakon, punden, sumur kuno, lumbung dan Sendang Jambangan.

4. Sun City Water and Theme Park
Sun City Water and Theme Park
Sun City Water and Theme Park
Tempat wisata di Madiun selanjutnya yaitu Sun City Water and Theme Park. Kawasan wisata terpadu ini selain menawarkan wahana berenang atau bermain air, juga terdapat kawasan Taman Bermain (Theme Park). Seperti Waterpark pada umumnya, Sun City ini juga memiliki beberapa ukuran kolam renang, kolam berombak, seluncuran dan air mancur.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang disediakan jasa persewaan pelampung. Selain itu, disini juga terdapat beberapa fasilitas seperti kafe atau kantin yang siap menyajikan aneka menu makanan yang lezat.

Sun City Water and Theme Park berlokasi di Jln. Letjen S. Parman no. 8, Madiun. Lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Sun City Mall dan The Sun Hotel.

5. Dumilah Water Park
Dumilah Water Park
Dumilah Water Park
Dumilah Water Park merupakan wahana permainan air yang berada di pusat Kota Madiun tepatnya di Jl. Slamet Riyadi. Dumilah Waterpark ini bisa dibilang destinasi wisata utama warga Madiun. Selain menawarkan kolam renang dan permainan air, disini juga terdapat fasilitas kolam pemancingan, flying fox, water zone, mini game dan lainnya.

6. Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas
Waduk Bening Widas selain dijadikan tujuan wisata juga digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik yang berasal dari aliran Sungai Brantas. Di waduk ini, Anda bisa menikmati pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi oleh hutan. Selain itu, juga bisa melakukan beberapa kegiatan seperti memancing, bermain banana boat, hingga berkeliling waduk dengan menyewa perahu.

Waduk Bening Widas berlokasi di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Jika dari pusat Kota Madiun berjarak sekitar 40 km.

7. Air Terjun Seweru
Air Terjun Seweru
Air Terjun Seweru
Air terjun Seweru berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Nama lain dari air terjun Seweru yaiut air terjun Slampir, air terjun Kedung Malam, air terjun Serondo.

Daya tarik dari air terjun Seweru yaitu adanya 2 aliran air terjun yang saling berhadapan. Selain itu, suasananya juga masih asri dan sejuk. Untuk mencapai lokasi air terjun Seweru cukup melelahkan, namun semua aka terbayar saat Anda melihat keindahan air terjun Seweru.

8. Air Terjun Krecekan Denu
Air Terjun Krecekan Denu
Air Terjun Krecekan Denu
Air terjun ini berlokasi di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Meski debit airnya tidak begitu deras, namun air terjun setinggi 20 meter ini memiliki keindahan yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, akses jalan menuju lokasi air terjun Krecekan Denu cukup mudah karena sudah beraspal.

9. Air Terjun Banyulawe
Air Terjun Banyulawe
Air Terjun Banyulawe
Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki keindahan yang masih alami. Air terjun ini berada di tengah hutan yang merupakan lahan milik perhutani. Di sekitar kawasan air terjun sudah terdapat warung yang menjajakan makanan. Akses menuju air terjun ini cukup sulit karena masih berupa tanah liat, terlebih saat musim hujan pengunjung harus lebih hati-hati. Air terjun Banyulawe berlokasi Dusun Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

10. Wana Wisata Grape
Wana Wisata Grape
Wana Wisata Grape
Jika Anda mencari tempat untuk menenangkan diri sejenak dari keramaian kota, maka Wana Wisata Grape bisa menjadi tempat yang cocok. Suasana yang asri dengan pemandangan persawahan dan perbukitan tentunya bisa membuat pikiran menjadi segar. Kegiatan yang bisa dilakukan disini diantaranya bersepeda, hiking, bermain di sungai, berkemah dan lainnya.

Wana Wisata Grape berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Jika dari pusat Kota Madiun berjarak sekitar 15 km.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Madiun yang Wajib Anda Kunjungi"