8 Tempat Wisata di Sumbawa yang Wajib Dikunjungi

Advertisement
8 Tempat Wisata di Sumbawa yang Wajib Dikunjungi - Sumbawa Besar merupakan ibu kota Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berwisata ke Indonesia Timur memang sangat menyenangkan. Wisatawan yang memulai traveling dari Bali pastinya akan lanjut ke Lombok yang tentu akan melewati Sumbawa Besar.
Pulau Moyo
Pulau Moyo
Banyak obyek wisata di Sumbawa Besar yang sarat akan nilai sejarah serta arsitekturnya. Selain itu keindahan alamnya yang memikat akan membuat mata Anda tak jenuh menikmati indah pemandangannya. Terdapat banyak pulau-pulau kecil yang menghuni Kota Sumbawa Besar, salah satu pulau yang terkenal adalah Pulau Moyo. Untuk info lebih lengkap, bisa Anda simak ulasan berikut.

1. Pulau Moyo
Tempat wisata di Sumbawa yang paling dikenal adalah Pulau Moyo. Pulau ini begitu dikenal karena alm. Lady yang pernah berkunjung di pulau ini. Pulau Moyo memiliki daya tarik yang sangat memikat. Sembari snorkling, Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Moyo. Terdapat banyak terumbu karang dan ikan tropis, selain itu Anda juga bisa menjumpai hiu putih dan juga ikan pari. Sementara di darat, adalah cagar alam habitat kawanan sapi liar, rusa, burung gosong (megapodius) dan babi hutan. Untuk pergi ke Pulau Moyo, Anda harus menyebrang dengan menggunakan kapal dari Pantai Kencana sekitar 2 jam.

Baca juga: 12 Tempat Wisata yang Terkenal di Nusa Tenggara Timur

2. Istana Tua Dalam Loka
Istana Tua Dalam Loka didirikan pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III, yakni tahun 1885 M . Istana ini terbuat dari kayu jati yang diambil dari desa sekitar Istana. Istana ini berbentuk seperti rumah panggung yang tercatat sebagai rumah panggung paling besar di dunia. Atapnya terbuat dari seng yang didatangkan dari Singapura. Sekarang ini Istana Tua Dalam Loka difungsikan sebagai Museum Daerah Sumbawa, lokasinya berada di pusat kota Sumbawa. Untuk pergi ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan umum.

3. Pantai Kencana
Pantai Kencana merupakan obyek wisata yang memiliki infrastruktur cukup lengkap. Salah satunya adalah adanya sebuah hotel yang bisa Anda singgahi untuk beristirahat. Pantai ini merupakan pantai yang cukup indah. Untuk menuju ke kawasan Pantai Kencana, Anda akan menempuh perjalanan dari Kota Sumbawa Besar yang jaraknya sekitar 11 km.

4. Pantai Sili dan Maci
Pantai Sili dan Maci terletak di Dsn. Teloi, Ds. Mata, Kec. Tarano, Kab. Sumbawa. Kedua pantai ini letaknya memang berdekatan sehingga sering disebut dengan Pantai Sili – Maci. Pantai ini dikenal karena gulungan ombak yang cukup besar sehingga pantai ini menjadi salah satu tempat surfing favorit.

Konon, Pantai Sili – Maci ini mempunyai keganasan ombak yang menantyang ketiga di dunia setelah Hawaii dan Tahiti. Namun sayangnya, akses untuk menuju lokasi Pantai Sili dan Maci masih sulit. Hal ini menyebabkan Pantai Sili dan Maci menjadi kalah pamor dibanding Pantai Lakey (Kab. Dompu) dan juga Pantai Jelenga (Kab. Sumbawa Barat). Untuk bisa sampai di Pantai Sili dan Maci Anda harus menempuh perjalanan darat dengan lama waktu perjalanan sekitar 6 jam. Sekarang Pantai Sili dan Maci sudah melengkapi diri dengan fasilitas hotel dan penginapan.

5. Liang Petang
Gua Liang Petang berada di Ds. Batu Tering, Kec. Moyo Hulu, kira - kira sekitar 29 km dari Sumbawa Besar. Mungkin obyek wisata Sumbawa yang satu ini sedikit menakutkan, terutama bagi Anda yang takut gelap. Liang Petang yang artinya gua gelap, dari perpaduan kata “liang” yang berarti gua dan “petang” yang berarti gelap. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda wajib membawa senter apabila Anda ingin melihat-lihat keindahan stalaktit dan stalakmit di dalam gua. Selain itu, Anda juga bisa melihat tempat khusus untuk bertapa, sebuah batu yang bentuknya menyerupai makam, batu berbentuk seperti manusia, pantar dan alat tenun.

6. Wisma Praja / Wisma Daerah ( Goverment House )
Wisma Praja merupakan Istana bangunan Belanda yang didirikan tahun 1932, yang mana tempat ini adalah kediaman terakhir dari Sultan Muhammad Kaharuddin III, saat melakukan kegiatan pemerintahan. Namun saat ini digunakan untuk tempat penerimaan tamu – tamu agung dan juga kegiatan upacara yang bersifat formal, dan pertemuan kepemerintahan lainnya.

7. Semongkat
Semongkat merupakan obyek wisata dengan suasana alam pegunungan. Tempat wisata ini berada pada ketinggian 450 m di atas permukaan air laut, yang jaraknya sekitar 17 km dari Sumbawa Besar. Jalan yang sedikit berbelok-belok disertai pemandangan bukit dan lembah-lembah ini bisa ditempuh dengan berbagai jenis transportasi. Selain itu di area wisata ini sudah menyediakan fasilitas yang tersedia seperti kolam renang dan shelter.

8. Desa Poto
Sumbawa dikenal sebagai daerah penghasil madu hutan paling baik, selain menghasilkan madu hutan di Sumbawa Besar juga dikenal akan kerajinan tenun yang sangat melegenda dan begitu khas karena kualitas tenunnya yang terbaik diantara semua jenis tenun di Indonesia.

Desa Poto ini merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Sumbawa yang sampai saat ini tetap memelihara kelestarian budaya daerahnya seperti kerajinan tenun tradisional ini. Nah, di sini Anda dapat melihat langsung bahkan Anda bisa memotret bagaimana cara pembuatan tenun Sumbawa.
Advertisement.
8 Tempat Wisata di Sumbawa yang Wajib Dikunjungi | Doni rochmat | 5

0 Komentar:

Posting Komentar