10 Tempat Wisata di Kebumen yang Paling Menarik

Advertisement
10 Tempat Wisata di Kebumen yang Paling Menarik - Kebumen adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kondisi wilayah Kebumen berupa pegunungan, pantai dan dataran rendah. Dengan kondisi wilayah seperti ini membuat daerah Kebumen memiliki berbagai macam objek wisata yang menarik. Ingin tahu, apa saja tempat wisata di Kebumen? Berikut ulasannya.

 1. Pantai Ayah
Pantai Ayah
Pantai Ayah
Pantai Ayah atau juga disebut Pantai Logending ini mempunyai area yang cukup luas, Di pantai ini Anda bisa menikmati sejuknya udara disekitar pantai. Tak hanya itu, di pantai ini Anda juga bisa bermain sepakbola, voli pantai, atau hanya bersantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Ayah. Anda pun juga bisa bermain ke hutan yang letaknya tidak jauh dari pantai ayah ini.

2. Goa Jatijajar
Goa Jatijajar
Goa Jatijajar
Goa Jatijajar terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen yaitu sekitar 42 km dari arah barat daya pusat kota Kebumen. Goa ini memiliki luas sekitar 5,5 hektar. Goa Jatijajar adalah sebuah goa yang terbentuk dari batu kapur. Panjang Goa Jatijajar dari pintu masuk utama ke pintu keluar 250 meter, lebarnya sekitar 15 meter dan tinggi 12 meter. Di goa ini Anda akan di suguhi macam-macam diorama yang menceritakan sejarah asal mula nama goa ini.

3. Pantai Menganti
Pantai Menganti
Pantai Menganti
Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika dari kecamatan Gombong kurang lebih sekitar 40 km. Di pantai ini Anda bisa merasakan udara pantai yang masih segar. Di sini juga ada juga mercusuar setinggi 20 meter yang dapat Anda pakai untuk melihat pemandangan pantai yang indah.

4. Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck merupakan sebuah benteng yang dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda di abad ke 18. Dahulunya benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan. Benteng Van Der Wijck berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Kebumen. Sekarang benteng ini telah dijadikan oleh Pemerintah Kebumen sebagai tempat wisata sejarah.

5. Gunung Pranji
Gunung Pranji
Gunung Pranji
Gunung Pranji terletak di perbatasan Desa Pengaringan dengan Desa Watulawang. Waktu yang tepat untuk melihat keindahan pemandangan di Gunung Pranji ini adalah malam hari. Pada malam hari di atas puncak gunung seolah-olah bintang mengelilingi kita dan ditambah dengan pemandangan lampu-lampu rumah penduduk sekitar yang semakin membuat suasana menjadi romantis.

6. Pantai Lembupurwo
Pantai Lembupurwo
Pantai Lembupurwo
Pantai Lembupurwo terletak di Desa Lembupurwo yaitu di bagian timur dari pusat kota Kebumen. Meskipun pantai Lembupurwo ini berpasir hitam tapi dengan air lautnya yang bersih akan membuat Anda betah untuk bersantai di pantai ini. Dsini, Anda juga bisa menikmati hembusan angin yang sejuk sambil menikmati makanan dengan rasa khas daerah ini. Makanan tersebut seperti tempe mendoan, rempeyek undur-undur dan lainnya

7. Pantai Petanahan
Pantai Petanahan
Pantai Petanahan
Pantai Petanahan terletak di sebelah selatan dari pusat kota Kebumen, tepatnya berada di kecamatan petanahan. Pantai Petanahan memiliki hamparan pasir yang putih dan ombak yang tidak terlalu besar. lokasi wisata ini masih terbilang belum cukup ramai. Jadi sangat cocok sekali untuk bersantai sambil menikmati hembusan angin pantai yang segar.

8. Pantai Karangbolong
Pantai Karangbolong
Pantai Karangbolong
Wisata pantai di Kebumen yang tidak kalah menariknya adalah Pantai Karangbolong. Pantai ini terletak di Kecamatan Cinangka Kebumen. Jika dari pusat kota Kebumen berjarak sekitar 40 km. Di kawasan pantai karangbolong ini terdapat Gua Karangbolong yang berada disisi timur. Goa ini diperkirakan telah ada sejak 15 sampai 30 juta tahun yang lalu. Sehingga goa ini dimanfaatkan untuk sarang burung walet.

9. Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal
Masjid Saka Tunggal merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten kebumen. Masjid Saka Tunggal terletak di Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor. Masjid ini dibangun pada tahun 1722 oleh Bupati Kendurean yakni putra Adipati Mangkuprojo yang merupakan seorang Wrongko Dalem di Keraton Kartosuro. Dinamakan Masjid Saka Tunggal karena saka guru masjid ini hanya ada satu.

10. Goa Petruk
Goa Petruk
Goa Petruk
Goa Petruk berada di kawasan wisata eko-karst Gombong selatan. Tepatnya terletak di Dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Gua Petruk inimempunyai 3 lantai goa yaitu goa dasar ,goa hindu dan goa petruk. Goa dasar untuk wisata umum memiliki panjang stalaktit dan stalakmit 100 meter. Jika Anda ingin menelusuri lebih hingga ujung maka harus dengan pemandu. Setelah sampai di ujung goa Anda bisa mengunjungi pantai atau air terjun yang ada di dekat ujung goa ini.
Advertisement.
10 Tempat Wisata di Kebumen yang Paling Menarik | Doni rochmat | 5