10 Tempat Wisata Menarik Di Pekanbaru

Advertisement
10 Tempat Wisata Menarik Di Pekanbaru - Pekanbaru merupakan ibu kota dari Provinsi Riau. Budaya Melayu sangat kental di kota ini. Di sepanjang jalan, dapat anda lihat banyak perempuan mengenakan baju kurung panjangnya sampai lutut khas Melayu. Di kota ini memiliki sedikitnya 170 perkebunan sawit yang mengekspor produk mentah dan juga olahannya ke luar negeri. Jadi tak salah jika kota ini juga merupakan kota bisnis di Indonesia. Menjadi kota bisnis tak berarti tidak ada obyek wisata menarik di Pekanbaru. Dan inilah tempat wisata menarik di Kota Pekanbaru yang harus anda kunjungi.

1. Danau Buatan Lembah Sari
Danau Buatan Lembah Sari
Danau Buatan Lembah Sari
Danau Buatan Lembah Sari terletak di Desa Limbungan dengan jarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Dulu danau ini adalah bendungan irigasi yang difungsikan untuk mengalirkan air ke sawah warga sekitar. Sampai akhirnya, bendungan buatan ini dijadikan salah satu tempat wisata Pekanbaru.

Dikelilingi perbukitan, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk wisata keluarga, piknik dan menggelar tikar di area sekitar danau buatan, atau anda juga bisa menyewa perahu dayung dan bermain sepeda air berkeliling danau. Karena disini banyak terdapat pepohonan dan udaranya pun sejuk.

2. Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur merupakan Masjid megah yang memadukan arsitektur dengan gaya Melayu, Turki, Arab, dan India. Terdiri 3 lantai dengan dominasi warna hijau, mampu menampung jamaah sebanyak 4.500 orang. Selain itu Masjid Agung An Nur juga mempunyai 5 buah kubah dan 4 menara, Masjid Agung An Nur disebut Taj Mahal-nya Kota Pekanbaru.

Bangunan utama memiliki ukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam yang lumayan besar dan air mancur tepat berada di depan Masjid, sehingga membuat tampilan Masjid ini mirip seperti Taj Mahal di India. Pada malam hari Masjid ini tampak sangat cantik dan indah dengan cahaya lampu yang warna-warni memantul di kolamnya. Yang tak kalah menariknya adalah tersedianya fasilitas free WiFi i sini.

3. Riau Fantasi
Riau Fantasi
Riau Fantasi
Riau Fantasi merupakan taman rekreasi terbesar dan  terlengkap yang ada di Sumatera. Tempat wisata ini dikenal dengan nama Labersa Water and Theme Park dan memiliki luas lebih kuran sekitar 6,5 hektar. Sesuai dengan namanya, taman rekreasi di Pekanbaru ini dibagi menjadi 2 wahana, yaitu wahana basah dan wahana kering, dan terdapat juga beberapa jenis kolam dan papan seluncur air, seperti Advanture Pool.

Di kolam ini juga terdapat beberapa menara yang terhubungkan dengan jembatan goyang. Ada juga ember raksasa yang menggantung dan mampu menampung 3.000 liter air. Selain itu tersedia kolam dewasa sedalam 1,5 meter dan kolam anak sedalam 30 cm yang dilengkapi pancuran untuk bermain.

4. Kebun Binatang Kasang Kulim
Kebun Binatang Kasang Kulim
Kebun Binatang Kasang Kulim
Kebun binatang Sang Kulim memiliki luas sekitar 10 hektar dan merupakan tempat wisata Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh keluarga pada sa'at di akhir pekan. Untuk menuju Kebun Binatang Sang Kulim dibutuhkan lama waktu perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Untuk masuk area kebun binatang anda harus membayar biaya masuknya sebesar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak jenis binatang yang dapat dikenalkan pada anak-anak seperti, monyet, landak, ular, burung, dan masih banyak lagi. Selain mengamati koleksi berbagai jenis binatang, tersedia arena untuk bermain anak-anak seperti ayunan, papan seluncur, kolam pancing, dan kolam renang anak. Selain itu anda juga bisa naik gajah, cukup membayar Rp 10.000 per 10 menit.

5. Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang menawarkan wahana rekreasi keluarga di alam terbuka. Taman Rekreasi ini dikelilingi perbukitan, udara sekitarnya sangat sejuk sehingga tempat wisata ini cocok untuk bersantai bersama keluarga. Dari sini, Anda dapat melihat Jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak. Bagi anda yang gemar memancing, tempat ini sangat cocok untuk anda. karena di sini juga tersedia 3 kolam pancing yang dapat memuaskan kegemaran memancing anda.

6. Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura
Tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru, Anda bisa menyempatkan berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura. Di istana, Anda akan menemukan sisa peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan Islam terbesar di Riau pada waktu abad ke-16 sampai ke-20. Istana Istana Siak Sri Indrapura disebut juga dengan Istana Asherayah Al Hasyimiyah.

7. Masjid Senapelan
Masjid Senapelan
Masjid Senapelan
Selain Istana Siak Sri Indrapura ada satu lagi sisa peninggalan Kesultanan Siak di Pekanbaru yaitu Masjid Raya Pekanbaru. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Riau yang dibangun pada tahun 1762. Pada masa awal pembangunannya, masjid ini masih berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Namun saat ini, sudah direnovasi sehingga Anda bisa melihat kemegahan masjid berkubah besar yang didominasi warna kuning khas Melayu. Ukuran masjid sekarang ini mencapai 60 x 80 meter.

8. Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S
Wisata yang satu ini unik dari lainnya, Anda bisa menyempatkan datang ke Perpustakaan Soeman H.S. Di tempat ini, Anda akan melihat bahwa perpustakaan juga bisa ijadikan salah satu tempat wisata sekaligus tempat belajar yang menarik. Asal nama perpustakaan ini diambil dari nama seorang novelis asal Riau yaitu Soeman H.S.

9. Pasar Bawah
Pasar Bawah
Pasar Bawah
Tidak lengkap jika ke pergi ke Pekanbaru tanpa berkunjung ke ikon kota tersebut. Pasar Bawah merupakan pasar tradisional tertua yang ada di Pekanbaru. Pasar ini terdiri dari empat lantai dengan bangunan yang merupakan perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa. Letaknya yang berada di tepi Sungai Siak dan di dekat pelabuhan membuat pasar ini mudah untuk diakses. Kini Pasar Bawah telah menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi bagi setiap wisatawan yang datang. Anda bisa menemukan berbagai aneka keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah atau barang-barang elektronik secondhand dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura yang tentunya masih layak pakai.

10. Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama
Museum ini terletak di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru. Di museum ini tersimpan berbagai aneka koleksi benda-benda sen dan budaya seperti pakaian adat, permainan rakyat seperti alat-alat musik dari berbagai daerah di Riau, gasing, dan benda-benda bersejarah provinsi Riau yang lainnya.

Ada juga sebuah bangunan khas arsitektur melayu yaitu Gedung Taman Budaya Riau yang lokasinya tidak jauh dari dari museum Sang Nila Utama ini. Gedung ini digunakan sebagai tempat untuk pagelaran untuk berbagai kegiatan budaya maupun seni melayu Riau dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Advertisement.
10 Tempat Wisata Menarik Di Pekanbaru | Doni rochmat | 5