10 Tempat Wisata di Batam yang Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Batam yang Paling Menarik - Batam adalah sebuah kota kecil yang sibuk dengan kegiatan pariwisatanya, karena kota ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Kini Kota Batam menyandang status sebagai kota industri. Sebenarnya kota Batam memiliki kawasan wisata yang cukup banyak dan melimpah, namun kurangnya perhatian dari pihak pemerintah membuat pariwisata Batam menyusut. Berada di tengah jalur pelayaran sekaligus dekat dengan Negara Malaysia dan juga Singapura merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi kota Batam, sehingga menjadikan kota Batam memiliki pertumbuhan paling tinggi di Indonesia.

Banyaknya tempat wisata di Batam dan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Malaysia dan Singapura, membuktikan bahwa Kota Batam adalah kota dengan obyek wisata yang tak kalah menarik. Untuk lebih jelas bahasan tentang wisata Batam, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina merupakan salah satu obyek wisata di kota Batam yang paling terkenal. Pantai Marina tak hanya mencangkup kawasan wisata saja. namun juga tempat kapal fery berlabuh. Pantai ini terletak di sebelah barat Pulau Batam, dengan pemandangan yang indah dan taman yang hijau sangat cocok untuk tempat bersantai atau pun sebagai tempat bermain anak. Di sini juga terdapat banyak para penjual makanan, jika Anda kerepotan menyiapkan bekal dari rumah. Selain itu juga tersedia hotel dari yang murah sampai kelas atas. Untuk masuk ke tempat wisata ini Anda cukup membayar Rp 6,000 untuk dewasa dan Rp 3,000 untuk anak-anak.

2. Jembatan Barelang
Jembatan Barelang
Jembatan Barelang
Jembatan Barelang adalah sebuah bangunan yang saat ini telah menjadi ikon kota Batam. Jembatan Barelang menghubungkan banyak pulau dengan tujuan untuk memajukan dunia perindustrian. Jembatan ini sangat terkenal sampai-sampai yang selalu diingat pertama kali apabila menyebut kata “Batam” adalah Jembatan Barelang. Jembatan Barelang sering disebut Jembatan Habibie karena beliaulah yang merencanakan pembangunan jembatan Barelang pada tahun 1992.

3. Pantai Nongsa
Pantai Nongsa
Pantai Nongsa
Nongsa adalah nama sebuah kecamatan di Batam. Kecamatan ini terkenal dengan pantainya, yaitu
Pantai Nongsa. Pantai ini berada di sebelah timur laut Batam. Untuk mencapai Pantai Nongsa, hanya membutuhkan waktu kira-kira 10 menit dari bandara. Pantai Nongsa memiliki karakter ombak yang kecil dan pasir putih yang begitu luas. Yang paling menarik dari pantai ini adalah Negara Singapura dapat Anda lihat dari pinggir pantai ini, dan pada saat malam hari pemandanga di sini sangatlah imdah.

4. Pantai Melur
Pantai Melur
Pantai Melur
Pantai Melur merupakan salah satu tempat wisata kota Batam yang menjadi primadona pariwisata kota Batam. Jarak pandang pantai ini cukup luas, memiliki air yang jernih dan juga hamparan pasir putih yang luas. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi pepohonan hijau yang eksotis, juga ombak yang tenang cocok untuk bersantai dan mencari ketenangan, melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

5. Ocarina Park
Ocarina Park
Ocarina Park
Ocarina Park adalah Ancol-nya kota Batam yang dibuka tahun 2008, berdiri diatas lahan seluas 40 hektar. Tempat wisata ini tergolong baru, namun sudah menjadi tempat wisata di Batam yang ramai dikunjungi. Banyak wahana permainan untuk anak ataupun dewasa yang bisa Anda nikmati di Ocarina Park. Ocarina Park sering kali digunakan untuk acara besar, seperti konser musik. Untuk harga tiket masuk di Ocarina Park sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5,000 / orang, tidak termasuk harga di wahana permainan.

6. Kampung Vietnam
Kampung Vietnam
Kampung Vietnam
Kampung Vietnam adalah kawasan yang dahulu merupakan tempat tinggal para pengungsi Vietnam, berlokasi di Pulau Galang. Sekarang kampung ini tak berpenghuni. Para pengungsi Vietnam sering disebut manusia perahu, mereka mengungsi ke Pulau Galang dikarenakan adanya konflik internal di Vietnam. Walau kosong, Kampung Vietnam ini masih merupakan tempat wisata di kota Batam yang menarik untuk dikunjungi, kondisinya juga masih sama dengan dahulu, lengkap dengan berbagai peninggalannya.

7. Bukit Senyum
Bukit Senyum
Bukit Senyum
Bukit Senyum adalah sebuah kawasan perbukitan yang terletak di kota Batam. Bukit Senyum bukanlah hanya bukit biasa, Anda bisa melihat keindahan negara Singapura dari sini. terutama saat malam hari, yang lebih menarik lagi anda dapat melihat pesawat terbang yang datang dan pergi dari Bandara Changi. Di sini Anda akan menjumpai macam-macan tempat nongkrong yang bisa Anda pilih untuk menikmati pemandangan, Pada saat tahun baru, itulah waktu terbaik untuk datang ke Bukit Senyum, karena dari sini Anda akan dapat melihat gemerlap cahaya kembang api dari atas Bukit Senyum.

8. Batam City Square
Batam City Square
Batam City Square
Batam City Square merupakan sarana pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi warga maupun wusatawan asing. Batam City Square adalah sebuah bangunan bertingkat 6 yang menawarkan wisata rekreasi, wisata belanja, dan kesenangan dalam satu tempat, tak heran tempat ini selalu dibanjiri oleh pengunjung setiap harinya. tempat ini berlokasi di Jalan Bunga Raya. Batam City Square juga dilengkapi dengan sarana parkir luas dan mampu menampung lebih dari 1.000 mobil.

9. Pantai Melayu
Pantai Melayu
Pantai Melayu
Pantai Melayu adalah sebuah pantai yang sangat cocok untuk berpiknik, karena suasana di tempat wisata ini sangatlah sejuk dan teduh karena banyaknya deretan pepohonan. Pantai Melayu memiliki ombak yang tenang sangat cocok untuk berenang. Di sini Anda bisa bermain banana boat beramai-ramai, hanya membayar Rp 25,000 / orang. Untuk masuk kawasan Pantai Melayu, Anda cukup membayar tiket masuk Rp 5,000 Rupiah saja.

10. Pantai Tanjung Bemban
Pantai Tanjung Bemban
Pantai Tanjung Bemban
Pantai Tanjung Bemban merupakan sebuah pantai yang saat ini telah menjadi ikon wisata bahari Batam. Pantai ini mulai serius dikelola sebagai tempat wisata bahari pada tahun 2010. Di sini Anda bisa melihat kapal yang lalu lalang menuju ke Singapura. Bila Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Bemban jangan lupa mencoba kulinernya, yaitu hidangan laut lengkap dengan es kepala muda.