10 Tempat Wisata Terkenal di Jambi

Advertisement
10 Tempat Wisata Terkenal di Jambi - Jambi terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. seperti Gorontalo dan Bengkulu, provinsi ini mempunyai nama yang sama dengan ibu kotanya. Dilihat dari masa lalunya, Jambi adalah salah satu wilayah di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, sehingga tidak heran jika ditemukan kompleks candi besar di daerah ini.

Obyek wisata di Jambi tak hanya mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Di sini, terdapat banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Jika anda berada di Jambi, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi ke tempat wisata di Jambi agar anda dapat mengenal Jambi lebih dekat. Berikut ini daftar tempat wisata Jambi yang wajib untuk anda kunjungi.

1. Danau Sipin
Danau Sipin
Danau Sipin
Danau Sipin dikenal dengan Solok Sipin oleh penduduk setempat, berlokasi di Simpang Baluran Kenali, kec. Telanaipura. Dalam bahasa setepat, kata "solok" berarti danau. Selain sebagai tempat wisata di Jambi, danau Sipin merupakan tempat budidaya ikan air tawar yaitu nila dan mujair. Anda dapat melihat keramba dan jala milik para nelayan yang ada di tengah danau. Jika anda ingin berkeliling danau atau ingin melihat aktivitas para nelayan lebih dekat, anda dapat menyewa perahu yang dapat menampung 3 - 4 orang, cukup dengan membayar Rp. 5000/orang.

2. Tanggo Rajo
Tanggo Rajo
Tanggo Rajo
Tanggo Rajo tidak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau yang biasa disebut Pantai Losari, menawarkan wisata kuliner yang terdapat di tepi perairan. Tanggo Rajo banyak dikunjungi pada sa'at sore dan malan hari karena pemandangan Sungai Batanghari yang cukup indah dan menarik, yakni merupakan sungai terpanjang di Sumatra.

3. Monas Jambi
Monas Jambi
Monas Jambi
Monumen Nasional tidak hanya ada di Kota Jakarta saja, Jambi memiliki replika monumen ini, tepatnya berlokasi di bundaran kompleks pemerintah kota. Monas adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak di kunjungi untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas yang ada di Kota Jakarta. Dilihat sekilas, Monas di Jambi ini memang mirip bentuknya dengan Monas di Jakarta, hanya saja ukurannnya lebih kecil. Hal lain yang membedakan kedua Monas ini adalah 4 buah jam dinding di setiap sisi Monas dan 4 buah ukiran yang ada di bawahnya.

4. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Taman Mini dan Taman Rimba Jambi
Taman Mini ini adalah obyek wisata Jambi yang menghadirkan miniatur budaya di Provinsi  Jambi. Dan menawarkan taman rekreasi, sarana olah raga, dan wisata budaya. Konsep yang sama dengan Taman Mini di Jakarta, yakni menampilkan replika bangunan khas daerah. Yang membedakan  adalah , jika di Jakarta menampilkan budaya seluruh daerah Indonesia, tetapi disini hanya menampilkan budaya disetiap kabupaten Janbi.

5. Kolam Renang Tepian Rajo
Kolam Renang Tepian Rajo
Kolam Renang Tepian Rajo
Kolam renang Tepian Rajo berada di Jl. Kapt. Sujono, Kecamatan Kota Baru, lebih kurang sekitar 6 km dari kota Jambi. Kolam renang ini memiliki ukuran 20 x 50 meter persegi dan berstandar internasional. Disini terdapat kolam renang dewasa dan kolam renang anak - anak. Tak hanya renang, Kolam Renang Tepian Rajo juga digunakan sebagai tempat pertandingan polo air dan seringkali diadakan latihan disini.

6. Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman anggrek ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani atau depan Kantor Gubernur Jambi. Tempat wisata ini juga memberi informasi tentang cara perawatan anggrek yang baik sesuai dengan jenisnya. Tempat wisata yang satu ini seringkali dikunjungi penggemar bunga dari dalam ataupun luar kota. Disini anda dapat menemukan lebih dari 60 jenis anggrek, dengan taman seluas 2,5 hektar. Jika anda ingin melihat langsung bunga - bunga anggrek ini, anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk orang dewas dan Rp 1.500 untuk anak - anak.

7. Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi
Kompleks candi Muaro disebut sebagai candi yang beraliran Buddhisme. Candi ini adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu.Salah satu tempat wisata di Jambi yang menarik ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas yang ada di Indonesia. Pada tahun 2009, candi yang berupa susunan batu bata merah ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.

Ditemukan oleh S.C Crooke, seorang letnan berkebangsaan Inggris, pada tahun 1820, Kemudian Candi Muaro Jambi ini dipugar oleh pemerintah Indonesia di tahun 1975. Hingga sampai sekarang ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar tertutup tanah.

8. Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi
Jika Anda pecinta wisata budaya dan sejarah, datang ke Museum Negeri Jambi adalah pilihan yang tepat. Letak tempat wisata ini ada di Jalan Urip Sumoharjo No.1 Jambi. Bentuk bangunan museum ini dirancang menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi.

Di tempat ini, Anda dapat menemukan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi dan juga binatang yang diawetkan.

9. Masjid Agung Al Falah
Masjid Agung Al Falah
Masjid Agung Al Falah
Masjid Agung Al Falah dikenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang, karena bangunan masjid yang unik. Masjid ini dipenuhi dengan tiang penyangga tanpa adanya dinding sehingga proses sirkulasi udara dan cahaya lebih bisa berjalan lancar. Meski dijuluki Masjid Seribu Tiang, tapi jumlah tiang yang ada di masjid Agung Al Falah ini sebenarnya hanya 256 buah saja.

Proses pembangunan masjid Agung Al Falah ini berlangsung selama sembilan tahun yaitu antara tahun 1971-1980. Kapasitas jama'ah yang mampu ditampung di tempat wisata budaya ini hingga 10.000 orang jamaah.

10. Pasar Keramik Sitimang
Pasar Keramik Sitimang
Pasar Keramik Sitimang
Jika Anda termasuk orang yang gemar mengoleksi keramik, tempat wisata yang satu ini mungkin tepat bagi Anda. Kawasan Pasar Sitimang ini berada di Jalan Sisingamangaraja. Pasar Keramik Sitimang ini juga banyak dikenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi sejak tahun 1980 an.

Anda bisa menemukan berbagai bentuk keramik seperti guci, toples, peralatan makan sampai dengan hiasan rumah. Kebanyakan keramik-keramik yang dijual di tempat ini dikirim langsung dari negeri Cina dan motifnya sulit ditemukan di tempat lain.
Advertisement.
10 Tempat Wisata Terkenal di Jambi | Doni rochmat | 5